Rabu, 27 April 2011

Iman Kepada Malaikat

          Bagaimana kah kedudukan iman kepada malaikat dalam islam?Perhatikan hadis berikut.

          Pada suatu hari, Rasulullah saw, muncul di antara kaum muslimin. lalu datang seorang laki-laki dan bertanya:wahai rasulullah, apakah iman itu? Rasulullah saw. menjawab : ".....Engkau beriman kepada allah, malaikat malaikat-nya, kitab-kitab-nya, pertemuan dengannya, rasul rasulnya dan kepada hari berbangkit......" (Shahih Muslim No.10).

        Rukun merupakan satu kesatuan, yang jika salah satu bagiannya tidak di penuhi, maka tidak sah rukun itu. Demikian juga dengan rukun iman, tidak akan sah jika tidak diimani seluruhnya. Malaikat, meskikeberadaannya tak bisa kita ketahui dengan panca indra, tetapi harus kita yakini karena meyakini keberadaannya merupakan bagian dari rukun iman, agar Sempurna iman kita.



IMAN KEPADA MALAIKAT

        Kata malaikat adalah jamak dari malakun yang artinya utusan.Malaikat adalah makhluk gaib, yang asala kejadiannya dari nur(cahaya). Mereka memiliki akal dan tidak memiliki nafsu. Oleh karena itu, mereka senantiasa patuh kepada allah swt. serta tidak pernah mendurhakai-nya.
       Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk gaib, yang asal kejadiannya dari nur(cahaya).
       Jumlah malaikat tidak terhingga banyaknya dan hanya allah saw yang mengetahuinya. Dalam Al-Quran disebutkan :".......Dan tidak ada yang mengetahui tentara(malaikat) tuhanmu, melainkan dia sendiri...."


FUNGSI IMAN KEPADA MALAIKAT

         Beriman kepada malaikat akan memurnikan dan membebaskan konsep-konsep tauhid dari perbuatan-perbuatan syirik. Dan juga akan membawa kesadaran bagi umat islam bahwa yang maha kuasa semata-mata hanyalah allah swt. Dengan mengimani keberadaan malaikat dengan segala sifat sifatnya akan dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal yang terbaik dan berlomba-lomba dalam kebaikan.

2 komentar: