Rabu, 27 April 2011

Demokrasi

         Islam adalah agama yang sempurna. Allah telah menegaskannya dalam wahyu terakhir-nya pada rasulullah saw. yaitu surah al-maidah: 3 yang artinya :
".......Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agama-mu, dan telah ku-cukupkan kepadamu nikmat-ku, dan telah ku-ridai islam itu jadi agama bagimu ...."

        Termasuk dalam kesempurnaan islam adalah disyariatkannya untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Hal itu senantiasa dicontohkan Rasulullah saw bersama para sahabatnya. Beliau tak segan segan meminta dan mendengarkan pendapat para sahabatnya ketika akan memutuskan sesuatu, seperti ketika menyusun strategi perang khandaq, seorang sahabat mengusulkan untuk membuat parit dan Rasulullah saw menyetujuinya karena sahabat tersebut memang seorang yang ahli dalam menyusun strategi pertempuran. Berikut akan di jelaskan ayat ayat yang menerangkan tentang musyawarah.

       Ayat-ayat Al-quran tentang demokrasi : Q.S Ali-Imran : 159
                                                                      Q.S Asy-Syura : 28

Surah Ali-Imran : 159
Artinya : Maka disebabkan rahmat dari allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi herhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekeliling mu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertakwalah kepada allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertawakal kepada-nya.

MAKA DARI ITU LAKUKAN SEGALA HAL" DENGAN DEMOKRASI BUKAN DEMOCRAZY".

1 komentar: