Kamis, 28 April 2011

Berprilaku Terpuji

         Rassulullah bersabda : " Berhati-hatilah duduk-duduk di pinggir jalan". Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, bagi kami sesuatu yang tidak dapat kami tinggalkan. Dalam berkumpul (majelis) itu kami berbincang-bincang. " Nabi Saw menjawab, "Kalau memang suatu keharusan maka berilah jalanan itu haknya. "Mereka bertanya lagi, " Apa yang dimaksud haknya itu, ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab, " Palingkan pandanganmu (dari memangdang kaum wanita) dan jangan menimbulkan gangguan. Jawablah tiap ucapan salam dan beramar ma'ruf nahi mungkar." (HR.Bukhari dan Muslim).

       Hadis di atas menerangkan bagaimana adab ketika sedang duduk duduk di pinggir jalan. Hal yang selama ini dianggap remeh, ternyata ada tuntunanya dalam Islam. Masih banyak tuntunan Islam tentang adab dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa penjelasannya.

       Perilaku Terpuji : Adab berpakaian
                                     Adab berhias
                                     Adab perjalanan
                                     Adab bertamu
                                     Adab menerima tamu



A. Adab berpakaian
    
          Bagi orang islam, berpakaian untuk menutup aurat hukumnya wajib.  Jadi, berpakaian tidak hanya soal berpakaian, tetapi berpakaian dalam islam adalah pakaian yang dapat menutup aurat. Kriteria berpakaian tidak berdasarkan mode yang baru tren, populer, ataupun model yang baru menanjak dan terkenal di saat itu.
Pakaian bermacam macam diperbolehkan, tetapi harus menutup aurat, yaiut pakaian yang didasarkan Al-Quran dan hadis. sesuai dengan firman allah swt. di dalam Al-Quran surah Al-A'raf ayat 26.
Artinya : "Hai anak adam! Sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan, dan pakaian takwa itulah yang paling baik, yang demikian itu adalah sebagian dari tanda tanda kekuasaan allah, mudah mudahan mereka selalu ingat.


B. Berhias

         Tata krama dan cara berhias menurut islam sesuai yang dianjurkan oleh rasulullah saw. Antara lain sebagai berikut :
1. Anjuran memotong kuku , memendekkan kumis , menyisir rambut serta merapikan jenggot.
2. Memakai harum-haruman bagi laki-laki dan merupakan sebuah larangan bagi perempuan
3. Larangan mencukur rambut kepala hanya sebagian dan sebagian yang lain di biarkan, sehingga tidak sedap di pandang
4. Larangan berpakaian bagi laki laki  menyerupai perempuan.
5. Larangan bagi perempuan menyambung rambut.
6. Larangan membuat tatoo
7. Larangan menjulurkan pakaian sampai menyentuh tanah.


C. Akhlak Bertamu Dan Menerima Tamu

         Manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, maka dalam pergaulan hidup sehari hari harus berusaha untuk saling menghargai dan bersikap sopan, penuh hormat dan saling menghargai dengan keikhlasan dan rasa kasih sayang yang tulus terhadap orang lain sebagaimana yang telah di contohkan dalam kehidupan Rasulullah Saw.
         Bertamu atau berkunjung ke tempat orang lain. Bertamu ada aturan dan caranya. Tamu yang baik tentu akan memperhatikan peraturan atau cara yang telah ditetapkan sesuai dengan tuntunan agama, baik mengenai waktu bertamu maupun cara menempatkan diri (sopan santun) sebagai tamu.

D. Adab Berpergian

        Sebagai muslim , tidaklah dilarang berpergian meninggalkan rumah untuk tujuan baik serta pada jalan yang benar sesuai dengan yang telah dicontohkan oleh Rasulullahsaw. Orang berpergian hendaknya memiliki rencana atau tujuan yang pasti. Oleh karna itu sebelum berpergian hendaknya mengatur tujuan yang pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar